Jumlah Pengunjung

Sabtu, 11 Maret 2017

CANDI UTAMA PLAOSAN LOR, KLATEN JAWA TENGAH (BAGIAN II)

Candi Plaosan sering dijadikan tempat lokasi shooting adegan film maupun hunting foto, karena candi ini berdiri dengan megahnya.


Pada kedua candi utama Plaosan Lor terdapat ruangan yang di dalamnya berisi patung dewa dan masing-masing candi dijaga oleh seorang petugas dari pemda setempat.


Kedua Candi Utama Plaosan Lor memang memiliki daya tarik tersendiri. Menjulang tinggi dengan megahnya, satu di sebelah utara dan satu di sebelah selatan. Masing-masing memiliki candi-candi kecil yang berjejer di kiri dan kanannya dengan tembok pemisah yang dihubungkan oleh gapura yang begitu menakjubkan kemegahannya.

Tidak ada kata bosan, apabila berkunjung ke sini. Pemandangannya memang begitu indah, ditambah dengan keberadaan Candi Plaosan Lor yang dikelilingi oleh sawah yang hijau terbentang sejauh mata memandang. Dari kejauhan, nampak Candi Plaosan seolah-olah berada tepat di tengah-tengah persawahan.

Berada terpisah dari pagar pembatas Kompleks Candi Plaosan Lor, terdapat parit yang lebarnya 10 meter, memanjang di area persawahan. Mungkin dahulunya digunakan sebagai tempat pelaksanaan acara keagamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar