Jumlah Pengunjung

Selasa, 11 April 2017

PANTAI LABUHAN JUKUNG – FESTIVAL TELUK STABAS IV

Kota Krui yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Pesisir Barat, merupakan salah satu Daerah Tujuan Wisata (DTW) di Provinsi Lampung. Banyak sekali wisatawan nusantara bahkan mancanegara yang datang berkunjung untuk berselancar dan atau menikmati keindahan pantai-pantai yang ada di kabupaten termuda pemekaran dari Kabupaten Lampung Barat ini. Salah satu pantai yang cukup terkenal adalah Pantai Labuhan Jukung.

Pantai Labuhan Jukung berjarak sekitar 230 KM dari Kota Bandar Lampung. Berada tepat di jantung kota Krui, di pusat Pemerintahan Kabupaten Pesisir Barat, menjadikan Pantai Labuhan Jukung ini dikelola dengan baik oleh Dinas Pariwisata setempat.

Di dalam kompleks Pantai Labuhan Jukung terdapat sebuah GSG yang diberi nama Gedung Serba Guna Selalau. GSG ini berfungsi sebagai tempat pelaksanaan berbagai kegiatan yang telah difungsikan dari beberapa tahun silam.

Gerbang Utama untuk masuk ke Pantai Labuhan Jukung tepat menghadap ke Lapangan Merdeka Kota Krui. Lapangan ini biasa digunakan untuk berbagai perhelatan akbar. Salah satunya adalah Pesona KRUI Pesisir Barat, yang diselenggarakan dengan rangkaian acara Festival Teluk Stabas IV, Krui Pro 2017 WSL QS1000 Surfing Competition, Rekor MURI 1001 Ngunduh Damar dan Krui Fair yang akan digelar mulai tanggal 13 hingga 22 April 2017.

Festival Teluk Stabas adalah agenda tahunan yang diselenggarakan untuk memperkenalkan potensi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Barat, juga merupakan ajang perlombaan dan pergelaran kesenian adat istiadan dan budaya. Rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan di antaranya:
- Lomba Tari Adat,
- Lomba Tari Kreasi,
- Lomba Ngunduh Damar,
- Lomba Pidato Bahasa Inggris,
- Lomba Layang-Layang,
- Lomba Lagu Lampung,
- Lomba Mawalan,
- Lomba Foto Wisata,
- Lomba Bahasa Arab,
- Lomba Pidato Bahasa Mandarin,

- Lomba Ngukur Kelapa.

Ngunduh damar adalah rutinitas masyarakat Krui yang telah turun temurun dan tetap lestari hingga saat ini, karena getah damar merupakan salah satu komoditas andalan di Pesisir Barat yang terkenal akan getah damar mata kucingnya di mata dunia. Terlebih di Pesisir Barat ada Undang-Undang yang mengatur ketentuan untuk tidak diperbolehkan menebang pohon damar yang menjadi icon kota ini, Damar – Blue Merlin. Sementara Blue Merlin atau yang biasa orang Krui menyebutnya sebagai Ikan Tuhuk, merupakan ikan yang biasa ditangkap oleh nelayan setempat.

Mengingat waktu pelaksanaan Festival Teluk Stabas IV yang sudah mulai dekat, stand-stand untuk pameran sudah dipersiapkan dan sedang dalam proses penataan. Aparat kepolisian dan Pol PP telah bersiaga dan sedang latihan untuk pengamanan menjelang pelaksanaan acara akbar ini.

Jadi jangan sampai ketinggalan ya untuk bisa hadir di kota Krui, Kabupaten Pesisir Barat Lampung, tanggal 13 – 22 April 2017. Sayang jika dilewatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar